data-ad-slot="5264608092"> ->
data-ad-slot="5264608092"> ->
HOME
Home » Pinjaman » Cara Menghitung Bunga Deposito Dengan Akurat

Cara Menghitung Bunga Deposito Dengan Akurat

Posted at May 19th, 2017 | Categorised in Pinjaman

Cara Menghitung Bunga Deposito

Salah satu produk perbankan adalah deposito, selain dapat digunakan untuk menyimpan pinjaman uang, deposito juga memiliki suku bunga atau interest yang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Deposito atau yang juga biasa disebut dengan tabungan berjangka merupakan salah satu produk yang diterbitkan oleh bank dan sejenis tabungan yang ditawarkan kepada nasabah. Dana yang ada dalam deposito dijamin pemerintah dengan persyaratan tertentu melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan mengetahui cara menghitung bunga deposito, maka kita juga akan mengetahui seberapa besar keuntungan dari deposito yang kita miliki.

Deposito biasanya mempunyai jangka waktu tertentu untuk pengambilannya, dimana selama jangka waktu tersebut, tabungan deposito tidak dapat diambil oleh si nasabah. Deposito baru dapat dicairkan setelah tanggal jatuh tempo. Jatuh tempo deposito berkisar mulai dari 1, 3, 6 hingga 12 bulan atau bisa saja lebih. Apabila deposito diambil sebelum jatuh temponya, maka akan dikenakan pinalti pada waktu pengambilannya. Deposito juga bisa diperpanjang otomatis dengan sistem Automatic Roll-Over (ARO) yang mana akan diperpanjang setelah tanggal jatuh tempo hingga pemilik mencairkan depositonya tersebut. Di bawah ini ada beberapa tips perhitungan bunga deposito:

  • Perhitungan bunga deposito dapat berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan karena mungkin saja ada tambahan biaya lain-lain.
  • Bunga deposito dari satu bank juga dapat berbeda dengan bank lainnya demikian juga cara menghitung bunga deposito, ada bank yang menggunakan satuan hari ada juga yang menggunakan satuan bulan untuk menghitung.
  • Jumlah maupun mata uang yang akan Anda depositokan juga akan mempengaruhi tingkatan suku bunga yang akan diberikan pada Anda.
  • Bunga deposito dari Bank Perkreditan Rakyat biasanya akan lebih besar daripada bank konvensional hanya saja Anda harus memastikan bahwa BPR tersebut sudah legal atau terdaftar resmi dan simpanan Anda pada BPR tersebut akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bunga pinjaman bank BRI biasanya lebih besar daripada bunga tabungan biasa dan dapat diambil sekaligus dengan jumlah simpanan Anda pada waktu jatuh tempo atau bisa juga dimasukkan lagi ke dalam pokok deposito jika Anda ingin mendepositokan nya kembali pada periode selanjutnya. Kembali ke cara perhitungan bunga deposito ini, misalnya apabila Anda menyimpan uang senilai 100 juta pada sebuah bank dengan bunga 10 persen per tahun dengan sistem perpanjang otomatis. Jumlah hari di dalam 1 bulan kita asumsikan saja 31 hari. Sedangkan 1 tahun adalah 365 hari.

Jadi perhitungan sederhananya adalah demikian (jumlah simpanan x bunga deposito) : 365 hari = bunga per hari sebelum pajak. Jika Anda menyimpan uang senilai 100 juta rupiah maka perhitungannya (100.000.000 x 10% ) : 365 = 27.297 kemudian setelah pajak, perhitungannya akan menjadi demikian (27.297 x 31 ) x 80% = 676.966. Sehingga akan didapatkan bunga deposito dari uang 100 juta rupiah yang Anda investasikan adalah sekitar 675.000 rupiah selama 1 bulan tersebut.

Saat ini bunga deposito rata-rata hanya 5-8% saja sehingga cara menghitung bunga deposito tentu saja berbeda. Terlepas dari berapa banyak bunga yang ditawarkan, deposito tetap menyimpan banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Selain karena bunganya lebih tinggi daripada tabungan biasa, dengan menabung secara berjangka dengan deposito, Anda bisa memperoleh keuntungan lainnya seperti melatih Anda untuk belajar berhemat karena Anda tidak dapat mengambil tabungan Anda sesuka hati serta deposito juga merupakan investasi jangka pendek maupun jangka panjang yang amat baik.

Related Post to Cara Menghitung Bunga Deposito Dengan Akurat

Pinjam Duit Online

4 Tips Menikmati Pinjam Duit Online

Posted at June 8, 2017

Solusi untuk mengatasi masalah kebutuhan uang tunai yang mendesak bisa mengandalkan layanan pinjam duit online yang kini semakin mudah ditemukan. Meminjam sejumlah dana melalui... Read More

Pinjaman BRI

Pinjaman BRI Kredit Usaha Rakyat Bisa Jadi Solusi!

Posted at March 19, 2017

Dalam kehidupan, pasti semua orang pernah merasakan adanya kondisi yang membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat untuk beragam urusan. Kebanyakan orang pasti akan berfikir... Read More

Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Pegadaian

Posted at March 16, 2017

Masyarakat Indonesia yang masih banyak hidup dengan kondisi kekurangan, bahkan untuk makan saja masih sulit di dapat, harus memikirkan juga cara untuk memenuhi kebutuhan... Read More

Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Posted at March 16, 2017

Mengajukan pinjaman uang online ke lembaga keuangan demi bisa memenuhi kebutuhan sudah lumrah dilakukan oleh mayoritas masyarakat. Pinjaman tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan produktif... Read More

Pinjaman Uang Online

Penyedia Layanan Pinjaman Uang Online

Posted at March 15, 2017

Saat ini sangat banyak penawaran jenis kredit atau pinjaman yang berpromosi di dunia maya dengan menawarkan kemudahan dalam proses dan persetujuan pinjaman. Layanan pinjaman uang... Read More